Allahu Akbar

Allahu Akbar

Senin, 17 November 2014

Pengembangan Satuan Acuan Perkuliahan



Lampiran D.  Pengembangan Satuan Acuan Perkuliahan
(Pertemuan ke XI)

1.    Identitas Perguruan Tinggi
a.    Perguruan tinggi               : STIKes Mega Rezky Makassar
b.    Falkultas                             : Kesehatan
c.    Prodi                                    : D-III Kebidanan

2.    Identitas Mata Kuliah
a.    Mata kuliah                        : Kesehatan Reproduksi dan KB
b.    Kode M.K                            : BD.220
c.    Semester                            : Ganjil (III)
d.    Bobot                                   : 4 SKS (T=2; P=2)

3.    Dosen pengempuh               : Sitti Nurlyanti Sanwar

4.    Pelaksanaan Pembelajaran
a.    Hari                                      : Rabu
b.    Kelas                                   : C
c.    Pukul                                  : 08.00 – 10.00 Wita

5.    Mata Kuliah Prasyarat          : Askeb Kebidanan Komunitas

6.    Status Mata Kuliah                : MKK (Wajib)

7.    Subtansi Kajian
5.5.3     Konsep Gender dalam kespro perempuan

8.    Kompetensi Utama
5.3 Melakukan pendidikan kesehatan dan konseling dalam lingkup kesehatan reproduksi
a.    Kompetensi Dasar
5.5.6      Menjelaskan konsep gender dalam kesehatan reproduksi perempuan
b.    Indikator
5.5.3.1   Menjelaskan Defenisi Gender
5.5.3.2   Menjelaskan Defenisi Seksualitas
5.5.3.3   Mengetahui Diskriminasi gender
5.5.3.4   Mengetahui Bentuk-bentuk ketidak adilan gender
9.    Metode/Model Pembelajaran
a.    Metode pembelajaran
Ceramah, diskusi, tugas dan Demostrasi
b.    Model pembelajaran
1)    Pembelajaran langsung
2)    Pemecahan masalah

10. Kegiatan Pembelajaran
a.    Pendahuluan
Media pembelajaran yang disiapkan berupa LCD dan Laptop, setelah itu diharapkan mahasiswa dapat mengetahui, menjelaskan serta memahami isi pembelajaran yang akan di sampaikan mengenai kesehatan reproduksi sehingga mahasiswa dari pembelajaran yang diberikan dapat diaplikasikan kepada lingkungan masyarakat,

b.    Inti Pembelajaran
1.    Menjelaskan tentang Defenisi Gender
2.    Menjelaskan Defenisi Seksualitas
3.    Mengetahui Diskriminasi gender
4.    Mengetahui Bentuk-bentuk ketidak adilan gender


c.    Penutup
Materi ini menjelaskan mengenai gender adalah suatu konsep budaya yang berupaya untuk membuat perbedaan antara laki-laki dan perempuandalam hal peran, perilaku, mentalitas dan karakteristik emosional, dimana gender iniberkaitan dengan seksual, yaitu suatu karakteristik biologis-antonomis (khususnya system reproduksi dan hormonal) diikuti dengan karakteristik fisiologis tubuh yang menentukan seseorang adalah laki-laki dan perempuan, tetapi didalam masyarakat melakukan diskriminasi gender, yaitu perbebedaan yang dilakukan oleh individu atau komunitas tertentu yang didasarkan pada jenis kelamin dimana perempuan dianggap memiliki status dan kemampuan lebih rendah dibandingkan laki-laki. Diskriminasi ini dilihat dari bentuk keadilan itu sendiri diantaranya marginalisasi (peminggiran), subordinasi (penomorduaan), stereotip (citra buruk), violence (kekerasan)
Setelah dari materi yang telah diberikan pendidik melakukan refleksi/quis dari pembelajaran yang telah dijelaskan. Dari materi ini semoga mahasiswa bukan hanya sekedar tau tetpai dapat memahaminya dan mengaplikasikan kepada masyarakat mengenai kosehatan reproduksi khususnya gender dalam kespro.
11. Sumber Rujukan
Buku Utama
a.    Maria Ulfa, Kurnia Dewi S.Si.T, Kesehatan Reproduksi dan Keluaraga Berencana . Jakarta timur. Trans Info Media.2013
b.    Badan Koordinasi Keluarag Berencana, 2004.  Materi Dasar Promosi Myiapkan Ibu Sehat, Melahirkan Bayi Sehat, Jakarta.
c.    Depkes RI kesehatan reproduksi .jakarta
d.    Kusmiran, Eny. 2011. Kesehatan Reproduksi  remaja dan wanita. Jakarta; salemba
e.    Rahmat,R,2012, Kesehatan Reproduksi . Jakarta

Buku Rujukan
a.    Mochtar R.(1998). Obstetric Gynokologi. Edisi 2. Cetak ke 1. EGC. Jakarta
b.    Zohra Andi Baso, dkk, Kesehatan Reproduksi Panduan Bagi Perempuan.  Pustaka Pelajar, Yogyakarta
12. Media dan sumber rujukan
a.    Media Pembelajaran
LCD/Note Book.
b.    Sumber Belajar
Maria Ulfa            :
Kusmiran, Eny   :
13. Assesmen
a.    Prosedur
1)    Penilaian proses dilakukan dengan lembar observasi/LKM
2)    Penilaian hasil, dengan bantuan tes hasil belajar
b.    Instrumen
Esai tes
c.    Resistasi
Unjuk kerja
Makassar, 03 November 2014
Dosen penanggung jawab


Sitti Nurlyanti Sanwar S.ST


Tidak ada komentar:

Posting Komentar